Detail Pelatihan

BIMTEK METODE PENYUSUNAN UKL – UPL DAN SPPL

Info Bimtek Jakarta

Kepada Yth,
1. Gubernur
2. Walikota dan Bupati
3. Kepala Dinas, Badan dan Kantor SKPD
4. Direktur Rumah Sakit Provinsi/Kota/kabupaten
Di – Seluruh Indonesia

Dengan Hormat,

Sebelum melakukan kegiatan usaha, setiap industri wajib untuk mambuat AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Hidup) atau UKL/UPL (Upaya Pengelolaan Lingkungan dan Upaya Pemantauan Lingkungan) berdasarkan Peraturan Pemerintah No.27 tahun 2012 tentang Izin Lingkungan. Bagaimana perbedaannya?

Izin Lingkungan

Izin Lingkungan adalah izin yang diberikan kepada setiap orang yang melakukan usaha dan/atau kegiatan yang wajib AMDAL atau UKL/UPL dalam rangka perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup sebagai prasyarat memperoleh izin usaha dan/atau kegiatan.

Izin Lingkungan diperoleh melalui tahapan kegiatan yang meliputi :

1. Penyusunan AMDAL dan UKL/UPL
2. Penilaian AMDAL dan pemeriksaan UKL/UPL, dan
3. Permohonan dan penerbitan Izin Lingkungan

AMDAL

Dokumen AMDAL merupakan instrumen pengelola lingkungan yang wajib disusun oleh penyelenggara kegiatan/usaha yang melakukan kegiatan/usaha yang termasuk dalam daftar wajib AMDAL, seperti diatur pada Keputusan Menteri Lingkungan Hidup No.05 thn 2012 ttg Jenis Rencana Usaha Dan Atau Kegiatan yang Wajib Dilengkapi AMDAL.

AMDAL terdiri dari :

  1. Kerangka Acuan Analisis Dampak Lingkungan (KA-ANDAL)

  2. Analisis Dampak Lingkungan (ANDAL)

  3. Rencana Pengelolaan Lingkungan (RKL)

  4. Rencana Pemantauan Lingkungan (RPL)

UKL/UPL

UKL-UPL sama halnya seperti AMDAL, berfungsi sebagai panduan pengelolaan lingkungan bagi seluruh penyelenggara suatu kegiatan. Namun, skala kegiatan yang diwajibkan UKL-UPL relatif cukup kecil dan dianggap memiliki dampak terhadap lingkungan yang tidak terlalu besar dan penting. Hal ini menyebabkan kegiatan tersebut tidak tercantum dalam daftar wajib AMDAL. Namun demikian, dampak lingkungan yang dapat terjadi tetap perlu dikelola untuk menjamin terlaksananya pengelolaan lingkungan yang baik.

SPPL

SPPL (Surat Pernyataan Pengelolaan Lingkungan) adalah kesanggupan dari penanggung jawab usaha dan/atau kegiatan untuk melakukan pengelolaan dan pemantauan lingkungan hidup atas dampak lingkungan hidup dari usaha dan/ atau kegiatannya di luar Usaha dan/atau kegiatan yang wajib amdal atau UKL-UPL.

Oleh karena itu, dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan Dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, diatur bahwa setiap usaha dan/atau kegiatan yang tidak termasuk dalam kriteria wajib AMDAL wajib memiliki UKL-UPL dan wajib SPPL.

Jadi, UKL/UPL, AMDAL, SPPL adalah jenis dokumen yang harus diajukan untuk mendapatkan Izin Lingkungan. Dokumen AMDAL terdiri dari KA-ANDAL dan RKL/RPL. Dokumen AMDAL wajib disusun jika kegiatan/usaha termasuk dalam daftar wajib AMDAL (wajib karena berdampak lingkungan besar), jika tidak termasuk, maka diwajibkan menyusun UKL/UPL (berdampak lingkungan lebih kecil). Setelah mendapatkan izin lingkungan, suatu usaha/kegiatan/proyek baru boleh dimulai deh! Kenapa ribet ya prosedurnya? Prosedur ini (kalau dilaksanakan dengan baik dan bukan sekedar formalitas), merupakan upaya mencegah/mengurangi dampak buruk dari usaha/kegiatan/proyek ini kepada lingkungan. Karena jika lingkungan terlanjur rusak, manusia bakal lebih ribet! Seperti kata Conservation International, Dalam Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2012 Pasal 2 ayat (2) disebutkan bahwa Amdal, UKL-UPL dan SPPL merupakan “Dokumen Lingkungan Hidup.” Walaupun SPPL hanya terdiri dari satu sampai dua lembar (karena hanya berupa surat pernyataan) dalam peraturan tersebut tetap disebut sebagai dokumen lingkungan.

 IPI menyelenggarakan “BIMTEK METODE PENYUSUNAN UKL – UPL DAN SPPL” yang akan dilaksanakan pada tanggal :

Kegiatan ini akan dilaksanakan di beberapa kota berikut, anda dapat memilih jadwal pada saat mengisi formulir di TAB registrasi disamping ini.

 

Tempat Kegiatan : Bali, Batam, Medan, Makassar & Lombok
No. Angkatan Hari/Tanggal
1 Angkatan VII Rabu – Kamis, 10 – 11 Juli 2019
2 Angkatan VII Rabu – Kamis, 17 – 18 Juli 2019
3 Angkatan VIII Rabu – Kamis, 14 – 15 Agustus 2019
4 Angkatan VIII Rabu – Kamis, 21 – 22 Agustus 2019
5 Angkatan IX Rabu – Kamis, 11 – 12 September 2019
6 Angkatan IX Rabu – Kamis, 18 – 19 September 2019
7 Angkatan X Rabu – Kamis, 09 – 10 Oktober 2019
8 Angkatan X Rabu – Kamis, 16 – 17 Oktober 2019
9 Angkatan XI Rabu – Kamis, 13 – 14 November 2019
10 Angkatan XI Rabu – Kamis, 20 – 21 November 2019
11 Angkatan XII Rabu – Kamis, 18 – 19 Desember 2019

Tempat Kegiatan : Jakarta , Bandung & Bogor
No. Angkatan Hari/Tanggal
1 Angkatan VII Senin – Selasa, 01 – 02 Juli 2019
2 Angkatan VII Senin – Selasa, 08 – 09 Juli 2019
3 Angkatan VIII Senin – Selasa, 05 – 06 Agustus 2019
4 Angkatan VIII Senin – Selasa, 12 – 13 Agustus 2019
5 Angkatan IX Senin – Selasa, 02 – 03 September 2019
6 Angkatan IX Senin – Selasa, 09 – 10 September 2019
7 Angkatan X Senin – Selasa, 07 – 08 Oktober 2019
8 Angkatan X Senin – Selasa, 14 - 15 Oktober 2019
9 Angkatan XI Senin – Selasa, 04 - 05 November 2019
10 Angkatan XI Senin – Selasa, 11 - 12 November 2019
11 Angkatan XII Senin – Selasa, 16 - 17 Desember 2019

Tempat Kegiatan : Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Kota Malang & Kota Batu Malang
No. Angkatan Hari/Tanggal
1 Angkatan VII Jum’at – Sabtu, 05 – 06 Juli 2019
2 Angkatan VII Jum’at – Sabtu, 12 – 13 Juli 2019
3 Angkatan VIII Jum’at – Sabtu, 02 – 03 Agustus 2019
4 Angkatan VIII Jum’at – Sabtu, 09 – 10 Agustus 2019
5 Angkatan IX Jum’at – Sabtu, 06 – 07 September 2019
6 Angkatan IX Jum’at – Sabtu, 13 – 14 September 2019
7 Angkatan X Jum’at – Sabtu, 04 – 05 Oktober 2019
8 Angkatan X Jum’at – Sabtu, 11 – 12 Oktober 2019
9 Angkatan XI Jum’at – Sabtu, 01 – 02 November 2019
10 Angkatan XI Jum’at – Sabtu, 15 – 16 November 2019
11 Angkatan XII Jum’at – Sabtu, 13 – 14 Desember 2019

INFO BIAYA KONTRIBUSI


    

Untuk Wilayah :
– Jakarta
– Bogor
– Bandung

Rp. 4.250.000,- / Peserta (Paket Menginap)

Rp. 3.250.000,- / Peserta (Paket Tidak Menginap) 


Untuk Wilayah :
– Surabaya, Malang, Batu
– Bali, Batam, Semarang
– Yogjakarta, Lombok, Medan & Makassar

Rp. 4.500.000,- / Peserta (Paket Menginap)

Rp. 3.500.000,- / Peserta (Paket Tidak Menginap)


CATATAN UNTUK FASILITAS PESERTA BIMTEK :


  • Cascback 10% / Peserta Untuk 5 Rombongan Peserta.
  • Pelatihan Selama 2 Hari Kegiatan.
  • Menginap 3 Malam Twin Share Bagi Peserta Menginap( 1 Kamar untuk 2 Orang Peserta Bimtek )
  • Komsumsi (Coffe Break 2x dan Lunch 2x) Serta Dinner 3x ( Bagi Peserta Yang menginap ).
  • Kelengkapan Bimtek (Pena/Pensil, Note Book, Name Tage dan Makalah Serta SERTIFIKAT dari IPI Diklat
  • Sofcopy Materi Up To date Berupa Flashdisk dari IPI Diklat
  • Tas Ransel Eksklusif dari IPI Diklat
  • Antar Jemput Bandara Bagi Peserta Group (Minimal 7 orang).
  • Konfirmasi Selambat – Lambatanya H-3 Sebelum kegiatan.
  • Kaos Pelatihan dari IPI Diklat
  • Study Banding Bagi Peserta Group (Minimal 7 Orang).
  • Doorprize Menarik dari IPI Diklat

INFORMASI PENDAFTARAN BISA HUBUNGI PANITIA PENYELENGGARA :

  • Telpon Office : 021.2148.5080
  • Fax Office : 021.2148.5080
  • WA : 0812.9948.9968 & 0813.8889.5827
  • HP: 0812.9948.9968 & 0813.8889.5827
  • Email : infobimtek.ipi@gmail.com

KETERANGAN :


  • Surat Dapat di Whatsapp/Sms/ Email/fax
  • Untuk Materi Bimtek Yang di Butuhkan Bisa Request
  • Khusus Untuk Peserta Rombongan Bisa Request Tempat (Minimal 8/10 Peserta),
  • Konfirmasi Peserta Paling Lambat – 3 Hari Sebelum Kegiatan Bimtek Berlangsung Dengan Melampirkan : Nama , NIP , Jabatan Beserta Instansi Dinas Peserta Bimtek.

FORMULIR REGISTRASI


Tema: BIMTEK METODE PENYUSUNAN UKL – UPL DAN SPPL
Tempat Kegiatan * :
Tanggal Kegiatan *:


BIMTEK TERKAIT